Terjemah Kitab Punika Hadits Ghaithi (Pengajian ke-7)

2 min read

Terjemah Kitab Punika Hadits Ghaithi

Terjemah Kitab Punika Hadits Ghaithi (Pengajian ke-7)

 

Bismillahirrahmanirrahim

Fasal 4 : Kasih Sayang untuk Umat dan Rahmat untuk Seluruh Alam.

مٓڠْكَوْ اَبَنْجُوْرَاكَيْ چٓنْڊَاكَيْ چٓرِيْتَا اِڠْ ڠَارٓفْ.

سَوُوْسَيْ ڮُسْتِيْ رَسُولْ اَنْۑَاڮُوْهِيْ فَارِيڠْ شَفَاعَةْ مَرَاڠْ بُرَاقْ بَنْجُورْ مُوُونْ ڮُوسْتِيْ رَسُولُ ﷲ.

مَلَائِكَةْ جَبْرَاٸِيلْ اَتَكَونْ : فُوْنَفَهَا فَنْدُوكَا تٓكَا مَوِيْ مُوُونْ ؟

Melanjutkan kisah sebelumnya (yakni kisah tentang Buroq yang meminta syafaat).

(Pada kisah sebelumnya), buroq meminta syafaat kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam dan Rasulullah pun menyanggupinya, tapi kemudian Rasulullah menangis.

Malaikat Jibril bertanya, “Mengapa tuan menangis?”

اِڠْسُنْ اَمَڠْسُوْلِيْ : دُوهْ كِي سَنَکْ، كُوْلَا اَيْڠٓتْ اُمَّةْ كُوْلَا. فُوْنَفَا بِنْجِيڠْ تَاڠِيْنِفُونْ سَڠْكِڠْ قُبُورْ سَوْوَانْ اِيْفُونْ اِڠْ ڠَايُوْنَنْ دَلٓمْ اِڠْكَڠْ مَهَا سُوچِيْ سَامِيْ اَنٓنُومْفَکْ ؟

Aku (Rasulullah) menjawab, “Wahai Jibril, Aku teringat umatku. Apakah kelak ketika bangkit dari kubur menghadap Allah yang Maha Suci, mereka berkendaraan seperti diriku ini, atau tidak?”

جَبْرَاٸِيلْ اَنَهُوْرِيْ : كَڠْجٓڠْ رَسُولْ فَنْدُوْكَا كُوْلَا اَتُوْرِيْ اَڠٓلٓجَرَاكٓنْ فٓڠْڮَالِيهْ، سَٵْاَيسْتُوْ اُمَّةْ فَنْدُوْكَا سٓدَايَا بِنْجِيڠْ اِڠْ دِينْتٓنْ قِيَامَةْ سَامِيْ نٓنُومْفَکْ سٓدَايَا. اَوِيتْ ڊَاوُوهْ دَالٓمْ

كَسٓبُوتْ اِڠْ قُرْاَنْ :

يَوْمَ نَحْشُرُ الْمُتَّقِيْنَ إِلَى الرَّحْمنِ وَفْدًا

تٓڮٓسَيْ : بَيْسُوکْ دِيْنَا قِيَامَةْ نِمْبَالِيْ اِڠْسُنْ مَرَاڠْ مُتَّقِيْنَ كَابَيهْ مَرِيڠْ ڠَايُوْنَنْ اِڠْسُنْ كَڠْ صِفَةْ رَحْمَنْ كٓلَوَنْ فَڊَا نٓنُوڠْڮَاڠْ كَابَيهْ.

Malaikat Jibril menjawab, “Wahai Kanjeng Rasul, hendaknya gembira hati Tuan, sesungguhnya umat tuan semuanya, nanti di hari kiamat, diberi kendaraan. Disebut dalam Al-Qur’an :

يَوْمَ نَحْشُرُ الْمُتَّقِيْنَ إِلَى الرَّحْمنِ وَفْدًا

“Kelak di hari kiamat, Aku memanggil orang-orang yang bertakwa ke hadapanKu yang Maha Rahman, dengan (keadaan mereka) berkendara”. (QS. Maryam/ 19 : 85)

لَهْ اِڠْ كَلَانَيْ  اِڠْسُنْ فِيرٓڠْ تُتُوْرَيْ جَبْرَاٸِيلْ مٓڠْكُوْنُوْ اِيْكُوْ اِڠْسُنْ بُوْڠَهْ سَاهَيڠْڮَا اَڠٓرَسَا سِرْنَا سٓكَيْهَيْ سُوْسَهْ اِڠْسُنْ.

Ketika aku mendengar penuturan Jibril itu, aku merasa sangat bahagia sehingga hilang segala kesusahanku, kata Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Pemahaman :

Dalam menghadapi apa saja, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam senantiasa mengingat umatnya. Jika yang beliau hadapi suatu kemuliaan, maka beliau menginginkan umat turut mendapatkan. Seperti kisah yang baru saja kita baca ini.

Sedangkan jika yang dihadapi adalah suatu yang menyulitkan dan memberatkan, beliau memohon agar umat mendapat keringanan.. Seperti kisah saat Rasulullah merasakan beratnya sakarotul maut, beliau berdo’a agar umat beliau mendapat keringanan (meskipun beliau mendapat yang lebih berat, beliau ridlo).

Rasul akan mi’raj  menghadap Allah ta’ala, selayaknya orang yang mulia, yang dijemput dengan berkendaraan, maka beliau pun teringat umatnya jika kelak menghadap Allah ta’ala. Rasul memohon agar umat pun diberi kemuliaan berupa kendaraan (seperti utusan yang terhormat, menghadap yang Maha Mulia Allah subhanahu wa ta’ala).

Sekaligus dalam hal ini, Rasul mengingatkan umatnya, agar menetapi sifat takwa (muttaqin) sepanjang hayat, dan jangan sampai menjadi umat yang durhaka (mujrimiin), agar terwujud harapan beliau Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam untuk kita.

Mengapa Harus Mi’raj ke Langit ?

(Allah tidak Bertempat di Langit) !

 نُوْلِيْ اِڠْسُنْ تُتُورْ مَرَاڠْ جَبْرَاٸِيلْ تٓمْبُوڠْ اِڠْسُنْ : ڊُوهْ كِي سَنَکْ، مٓڠْڮَهْ حِيْوَانْ  بُرَاقْ فُوْنِكَا سَاِيسْتُوْ يَينْ حِيْوَانْ  اِڠْكَڠْ اَفٓسْ كَدُوسْ فُونْدِيْ اَڠْڮَينْ نِفُونْ كُوْوَاوِيْ كَامَوْمَوتَنْ مَحَبَّةْ كَاكٓسِيهْ لَنْ اَسْرَارَيْ اَمَانَةْ لٓمْبَتْ لٓمْبٓتَيْ كَافِنَادَوْسَنْ. فٓڠْرَاهَوسْ كُوْلَا مٓڠْڮَهْ اِڠْ بَرَاڠْ فُوْنِكَا لَمُونَا دِيْفُونْ آمَوتَاكٓنْ اِڠْ فِتُوڠْ لَاڠِيتْ لَنْ فِتُوڠْ بُومِيْ دٓلَسَنْ رٓدِيْ رٓدِينِفُونْ فِيْسَنْ سَٵْاَيسْتُوْ بُوتٓنْ كُوْوَاوِيْ.

Kemudian aku berkata kepada Jibril, “Wahai sahabat, sesungguhnya Buroq ini adalah hewan yang lemah, bagaimana mungkin ia bisa menanggung Mahabbah dan asroor Amanah (rahasia-rahasia kelembutan penciptaan). Perasaanku, jika Mahabbah dan amanah itu di letakkan di tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi beserta gunung-gunungnya, maka tidak akan sanggup menanggungnya.

كَالَيهْ دَيْنَيْ كِي سَنَکْ، مٓڠْڮَهْ لَمْفَهِفُونْ تِتِهَانْ بُرَاقْ فُوْنِكَا مَوِيْ اَنْجَڠْكَهْ لَمْفَهَنْ لَنْ اَنْجَڠْكَهْ فٓرْنَهْ، مَکَ بٓنْدَارَا كُوْلَا اِڠْكَڠْ مَهَا سُوْچِيْ اِڠْكَڠْ كُوْلَا فُونْدِيْ٢ فُوْنِكَا بَوْتٓنْ سُوْسَهْ مَوِيْ كَاجَڠْكَهْ كٓلَوَنْ فٓرْنَهْ. لَنْ بَوْتٓنْ سُوْسَهْ مَوِيْ كَاجَڠْكَهْ كٓلَايَنْ اَيبَهْ هِيڠْ اَوَاکْ.

وَونْتٓنْ كُوْلَا اِڠْ ڮَرْيَانِفُونْ اُمِيْ هَنِيءْ فُوْنِكَا سَامِيْ اُوْڮِيْ چٓلَاکْ كُوْلَا ڊَاتٓڠْ فٓڠَيْرَانْ كُوْلَا. مَالَهْ سٓدَيْرَيڠْ اِيْفُونْ كُوْلَا سٓجَا سَمْفُونْ چٓلَاکْ. فُوْنَفَهَا تٓكَا مَوِيْ كُوْلَا كَاتِمْبَالَنْ ؟

(Rasulullah melanjutkan perkataannya). Wahai sahabat, Buroq ini berjalan menuju suatu arah, tapi Allah Tuhanku, yang aku agungkan, tidak perlu didatangi dengan melangkah dan menuju suatu arah. Tidak juga harus didatangi dengan geraknya badan. Ketika aku berada di rumah Umi Hani pun aku dekat dengan Tuhanku. Malah, sebelum aku ingin mendekat kepadaNya, Ia telah dekat kepadaku. Mengapa engkau mesti datang diutus untuk memanggilku untuk menghadap-Nya?”

وَڠْسُوْلَانَيْ جَبْرَاٸِيلْ : ڊُوهْ كَڠْجٓڠْ رَسُولْ، سَٵَيسْتُوْ كَاسِيڠْڮِيْهَانْ ڊَاوُوهْ فَنْدُوكَا. نَامُوڠْ كَاهُوْنِيڠَنَنَا مِيْلَا كُوْلَا كَاهُتُوسْ اَنِمْبَالِيْ ڊَاتٓڠْ فَنْدُوكَا اِڠْ سَٵْفُوْنِكَا فُوْنِكَا سُوْفَدَوسْ كُوْلَا سَٵْكَونْچَا كُوْلَا مَلَائِكَةْ دَادَوسَا حَدَمَيڠْ فٓلَادَوْسَانَيْ كَالُوْهُرَانْ فَنْدُوْكَا تُوَينْ سُوْفَدَوسْ دَادَوسَا اِڠْ كَامُلْيَانْ فَنْدُوكَا. مٓكَاتٓنْ اُوْڮِيْ اَڠْڮَينْ كُوْلَا كَهُوْتُوسْ اَمْبٓكْتَا تِيْتِهَانْ بُرَاقْ فُوْنِكَا مٓرْڮِيْ سَمْفُونْ دَادَوسْ چَارَانِفُونْ اِڠْ فَرَا رَاتُوْ سٓمَڠْسَانِفُونْ اَنِمْبَالِيْ دَاتٓڠْ كٓكَاسِيهْ اِيْفُونْ فُونِكَا مَوِيْ فِنٓڟُوکْ اِڠْكَڠْ مٓكَاتٓنْ فُونِكَا سُوْفَدَوسْ كَاتِڠَالَا ڍَاتٓڠْ سٓكَاڟَهِيْفُونْ مَخْلُوقْ بِيْلِيهْ فَنْدُوْكَا اَڠْسَالْ كَامُلْيَانْ مٓڠْڮَهْ اِڠْ ﷲ.

Jibril menjawab, “Wahai Rasulullah, sungguh benar ucapan tuan. Tapi ketahuilah, Aku diutus Allah untuk memanggil (menjemputmu) sekarang ini adalah supaya aku dan seluruh malaikat menjadi pelayan keluhuranmu, juga agar kami menjadi mulia dengan kemuliaanmu. Demikian juga sebabnya aku membawa tunggangan buroq ini, adalah karena demikianlah cara para raja memanggil orang yang dikasihiNya. Yakni dengan dijemput seperti ini. Hal ini agar seluruh makhluk bisa menyaksikan, engkau mendapat kemuliaan di sisi Allah”.

سَوُوْسَيْ جَبْرَاٸِيلْ اَمٓرْتَيْلَاءَكَيْ مٓڠْكَوْنَوْ اِڠْسُنْ مِيْتُوْرُوتْ. نُوْلِيْ اِڠْسُنْ نِيْتِيهْ بُرَاقْ كَڠْ سَٵْسُوَيْنَيْ  اَنْڍٓكُوْ اَنَا اِڠْ ڠٓرْسَانِڠْسُونْ.

بَارٓڠْ اِڠْسُنْ وُوسْ تِيْتِيهْ مَلَائِكَةْ جَبْرَاٸِيلْ اَۑٓنْڍَاکْ كٓنْڍَالِنَيْ بُرَاقْ لَنْ مَلَائِكَةْ مِيْكَائِيلْ اَۑٓنْڍَاکْ سَوڠْكَا وٓڍِيْنَيْ بُرَاقْ اَنَ اِڠْ تٓڠٓنَيْ بُرَاقْ لَنْ مَلَائِكَةْ اِسْرَافِيلْ اَمٓڠْكَيْسَاكَيْ لَنْ اَڠَمْفَيلْ جُوْبَهْ اِڠْسُنْ اَنَا اِڠْ كِيْوَانَيْ بُرَاقْ.

 

Setelah Jibril memberi penjelasan demikian, aku pun memahaminya. Kemudian aku siap  menaiki buroq yang selama aku berbicara dengan Jibril ia “ndeku (menekuk kakinya) di hadapanku.

Ketika aku sudah menaikinya, malaikat Jibril segera memegangi kendali buroq, malaikat Mikail berada di sisi kanan buroq sedangkan  malaikat Israfil memegangi jubahku di sebelah kiri buroq.

سَوُوْسَيْ مٓڠْكُوْنُوْ سٓنَالِيْكَا بُرَاقْ نُوْلِيْ مُومْبُولْ اِڠْ ڮٓڮَانَا اَڠُوڠْكُوْلِيْ ڮُوْنُوڠْ٢ مٓكَةْ.

Setelah itu, sekejap saja buroq sudang melesat terbang dengan sangat cepat melintasi gunung-gunung di Makkah.

Pemahaman :

Pertama, Simbah Kyai Sholeh Darat menutup bagian ini (bagian sebelum Rasul memulai perjalanan  Isra) dengan suatu pancang Aqidah ahlissunnah wal jamaah, yang meyakini, bahwa Allah sama sekali tidak bertempat di langit. Allah tidak dituju dengan arah tertentu.

Langit sebagai tujuan Mi’raj hanya menunjukkan tempat untuk Rasul bertawajjuh kepada Allah, seperti Nabi Musa diperintahkan bermujahadah di Gunung Tursina. Kedua hal itu sama sekali tidak menunjukkan Allah yang Maha Suci ada di langit atau di gunung.

Kedua, Keluhuran Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah senantiasa menambah kemuliaan kepada apa saja yang beliau datangi, tempati, bahkan beliau sentuh. Seluruh alam bumi menjadi mulia dengan wujudnya beliau, dan pada peristiwa Isra Mi’raj ini, seluruh alam langit (buroq, para malaikat, syurga) pun demikian. Wamaa arsalnaaka illaa rahmatan lil ‘aalamin.

Ini mengingatkan kita, umatnya agar di mana saja berada senantiasa mewarnai dengan kebaikan dan kemuliaan. Sebagaimana Syaikh Irfa’i ketika menerangkan sebuah adab seorang murid : “nadhor bar qodam”, lihatlah ke tempat di mana kakimu akan melangkah, dan tinggalkanlah bekas telapak kakimu dalam keadaan yang harum”

 

Wallahu A’lam, alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin.

Kertanegara, Ahad Pahing, 27 Maret 2022 M / 24 Rajab 1443 H

Wawan St.

 

Mengenai hukum shalat witir tiga rakaat sekaligus baca di : https://islam.nu.or.id/ramadhan/shalat-witir-tiga-rakaat-sekaligus-bolehkah-BYqCS

Baca juga : https://www.mqnaswa.id/terjemah-kitab-punika-hadits-ghaithi-pengajian-ke-6/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *