Berkalung Jimat

2 min read

Berkalung Jimat

Bismillahir rahmanir rahim

Pertanyaan :

Seorang pakar pidana dari Unair Sby, I Wayan Titip, mengatakan bahwa beberapa TKI yang bekerja di Timur Tengah dan kedapatan membawa jimat, mereka dikenai hukuman mati. Benarkah jimat dihukumi syirik? Abi, Sby

Jawaban :

Dalam sebuah hadis Rasulullah Saw bersabda :

مَنْ عَلَّقَ تَمِيمَةً فَقَدْ أَشْرَكَ (رواه احمد وابو يعلى باسناد جيد قال الهيثمي :رجال أحمد ثقات عن عقبة بن عامر الجهنى)

“Baragsiapa yang mengalungkan jimat, maka telah berbuat seperti perbuatan orang musyrik” (HR Ahmad, para perawinya terpercaya)

Begitu pula hadis :

إِنَّ الرَّقَى وَالتَّمَائِمِ وَالتِّوَلَةَ شِرْكٌ ( أخرجه احمد رقم ٣٦١٥، وابو داود رقم ٣٨٨٣، وابن ماجه رقم ٣٥٣٠، والحاكم رقم ٨٢٩٠، وقال : صحيح الأسناد على شرد الشيجين. والبيهقى رقم ١٩٣٨٧. وأخرجه ايضا : ابو يعلى رقم ٥٢٠٨ عن ابن مسعود )

“Sesungguhnya ruqyah (pengobatan dengan doa), jimat dan tiwalah (sejenis susuk daya pikat) adalah perbuatan yang meyebabkan syirik” (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, al-Hakim, al-Baihaqi dan Abu Ya’la)

Ruqyat dan jimat memiliki beberapa persamaan, diantaranya menjadi penyebab kesyirikan, keduanya sudah dilakukan dimasa Jahiliyah, dan sebagainya.

Kesyirikan yang dimaksud sebagaimana yang dilakukan di masa Jahiliyah adalah adanya keyakinan bahwa jimat itulah yang memberi kesembuhan, mengobati penyakit, melindungi gangguan syetan dan sebagainya. Artinya mereka telah menyekutukan Allah dan menjadikan jimat seperti Tuhan.

Namun Rasulullah menjelaskan diperbolehkannya hal diatas selama tidak mengandung unsur syirik. Kendatipun hadis di bawah ini hanya menyebut ruqyat namun pada hakikatnya antara ruqyat dan jimat memiliki kesamaan, yaitu :

كُنّا نَرقِي فِي الْجَاهِلِيّةِ، فَقُلنَا : يَارَسُولَ اللهِ، كيف تَرى فِي ذَلِكَ ؟ فَقَالَ اعْرِضُوا عَلَىّ رُقَاكُم لَا بَأْسَ بِالرُّقَى مَا لَمْ يَكُنْ فِيهِ شِرْكٌ (أخرجه مسلم رقم ٢٢٠٠، وابو داود رقم ٣٨٨٦، واخرجه ايضا : ابن حبان رقم ٦٠٩٤، والحاكم رقم ٧٤٨٥ وقال : صحيح الأسناد. والبيهقى رقم ٩٣٨٠ عن عوف بن مالك الاشجعى)

“Kami melakukan ruqyah saat kami di masa Jahiliyah. Wahai Rasulullah, bagaimana pendapat anda? Rasulullah menjawab: Berikan ruqyah kalian padaku. Tidak apa-apa dengan ruqyah, selama tidak mengandung kesyirikan” (HR Muslim, Abu Dawud, Ibnu Hibban dan al-Hakim)

Rasulullah Saw sendiri membaca ayat-ayat al-Quran saat beliau sakit, sebagaimana dalam riwayat Aisyah :

عن عائشة رضي الله عنها أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كان يَنْفِثُ عَلَى نَفْسِهِ فِى مَرَضِهِ الَّذِى قُبِضَ فِيهِ بِالْمُعَوِّذَاتِ، فَلَمَّا ثَقُلَ كُنْتُ أَنا أَنْفِثُ عَلَيهِ بِهِنَّ، فَأَمْسَحُ بِيدِ نَفْسِهِ لِبَرَكَتِهَا (رواه البخارى رقم ٥٧٥١)

“Rasulullah Saw meniup pada diri beliau sendiri saat beliau sakit menjelang wafatnya dengan ayat-ayat perlindungan. Ketika sakit beliau semakin parah maka saya meniupkannya kemudian saya usapkan dengan tangan beliau, karena keberkahan tangan beliau” (HR al-Bukhari No 5751)

Dari sekian bayak hadis dalam masalah ini, ahli hadis Amirul Mu’minin fi al-Hadits al-Hafidz Ibnu Hajar memberi kesimpulan bahwa point utama dalam larangan tersebut adalah kesyirikan, dan jika tidak ada unsur kesyirikan maka tidak dilarang. Beliau berkata :

هذا كلّه فِي تَعْلِيْقِ التَّمَائِمِ وَغَيرهَا مِمَّا لَيسَ فِيهِ قُرْآَن وَنَحْوه، فَأَمَّامَا فِيهِ ذِكْرُ اللهِ فَلَا نَهْي فِيهِ فَإِنّهُ إٍنَّمَا يُجعَل لِلتَّبَرُّكِ به وَالتَّعَوُّذِ بِأسْمائهِ وَذِكْره (فتح الباري لابن حجر ج ٩/ ص ٢١٠)

“Dilarangnya mengalungkan jimat dalam hadis adalah ketika di dalam jimat tersebut bukan dari ayat al-Quran. Sementara jika dalam jimat tersebut terdapat dzikir kepada Allah maka tidak dilarang. Sebab hal itu untuk mencari berkah dan mencari perlindungan dengan nama Allah dan dzikir kepada Allah” (Fath al-Baarii 9/210)

Begitu pula tafsil dari Ibnu Taimiyah :

وَامَّا مُعَالَجَةُ الْمَصْرُوع بِالرُّقَى وَالتَّعَوُّذَاتِ فَهَذَا عَلَى وَجْهَينِ فَإِنْ كانَتِ الرُّقَى وَالتَّعاوِيذُ ممَّا يُعْرَفُ مَعْنَاهَا وَمِمَّا يَجُوزُ فِى دِينٍ الْأسلَامِ انْ يَتَكَلَّمَ بِهَا الرًّجُلُ دَاعِيًا الله ذَاكِرًا لَهُ وَمُخَاطِبََا لِخلقِهِ وَنَحوِ ذَلِكَ فَإِنَّهُ يَجُوزُ أَنْ يَرقِى بِهَا الْمَصْرُوع وَيُعَوِّذَ فَإِنَّهُ قَد ثَبَتَ فِى الصَّحِيحِ عن النَّبِيِّ أَنَّهُ أَذِنَ فِى الرُّقَى مَالَمْ تَكُنْ شِرْكًا وَقَالَ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمْ أَنْ يَنْفَعَ أَخَاهُ فَليَفْعَلْ وَانْ كَانَ فى ذَلكَ كَلمَاتٌ مُحَرَّمةٌ مِثْلَ أَنْ يَكُونَ فِيهَ شِرْكٌ اوكَانَتْ مَجْهُولةَ الْمَعْنَى يَحْتَمِلُ أَنْ يَكُونَ فِيهَا كُفرٌ فَليسَ لأَحَدٍ انْ يَرقى بِهَا (مجموع الفتاوى ج ٢٤/ ص ٢٧٧)

“Pengobatan orang yang kesurupan dengan doa maupun perlindungan diperinci sebagai berikut; jika doa tersebut diketahui maknanya dan diperbolehkan dalam Islam untuk mengucapkannya, sebagai doa dan dzikir kepada Alla dan sebagainya, maka diperbolehkan. Sebab telah diriwayatkan dalam hadis sahih bahwa Rasulullah mengizinkan ruqyat selama tidak mengandung kesyirikan. Dan bila terdiri dari kalimat-kalimat yang diharamkan, seperti mengandung kesyirikan, atau tidak diketaui maknanya yang dimungkinkan ada kekufuran, maka tidak tiperbolehkan melakukan ruqyat dengan cara tersebut” (Majmu’ Fatawa 24/227)

Sebagai kesimpulan khilaf dalam masalah ini, alMubarakfuri berkata :

وَقدْ إِخْتَلفَ في ذلك أَهْلُ الْعِلمِ. قال السيد الشيخ ابو الطيب صديق بن حسن القنوجي فِي كِتَابِهِ الدِّينِ الْخَالِصِ : إِخْتَلَفَ الْعُلَمَاءُ مِن الصَّحابَةِ وَالتَّابِعينَ فَمَنْ بَعدَ هُمْ فِي جَوَازِ تَعلِيقِ التَّمَائِمِ الَّتِي مِن الْقُرآنِ، وَأَسمَاءِ اللهِ تَعَالَى وَصِفَاتِه، فقالت طائفة : يَجُوزُ ذَلكَ، وَهُوَ قَولُ ابنِ عَمْرِو بنِ الْعَاصِ، وَهُوَ ظَاهِرُ مَا رُوِيَ عن عَائشةَ، وَبهِ قَالَ اَبُو جَعفَرٍ الْبَاقِرُ وَاَحْمَدُ فِي رِوَايةٍ، وَحَمَلُوا الْحَدِيثَ يَعنِي حَدِيثَ ابنِ مَسْعُودٍ قَالَ : سَمِعت رَسُو لَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ إِنَّ الرُّقَى وَالتَّمَائِم والتِّوَلَةَ شِرْكٌ رواه أحمَدُ وابن ماجه وابن حبان والحَاكِمُ وَقَالَ صَحِيحٌ، وَأَقَرَّهُ الذَّهَبِيّ على التَّمَائمِ الَّتِي فِيهَا شِركٌ. وقالت طائفة : لَا يَجُوزُ ذَلكَ وَبهِ قال ابن مسعود وابن عباس وَهُو ظَاهِرُ قَوْلِ حُذَيفَة وَعُقْبَةَ بنِ عَامِرٍ وابنِ عُكَيمٍ، وَبهِ قال جَمَاعَةٌ مِن التَّابِعِينَ مِنهُم أَصْحَابُ ابن مَسعُود واحمد فِي رِوَايَةٍ إِخْتَارَهَا كَثِيرٌ مِنْ أَصْحَابِهِ. وَجَزَمَ بٍه الْمُتَأَخِّرُونَ وَاحْتَجُّوا بِهَذَ الْحَدِيثِ وَمَا فِي مَعْنَاهُ (تحفة الأحوذي – ج ٥/ ص ٣٤٩)

“Ulama berbeda pendapat dalam masalah jimat yang berupa ayat al-Quran, nama-nama Allah dan sifatNya, baik dari kalangan sahabat, tabiin dan sebagainya. Sekelompok ulama berkata: Boleh, yaitu pendapat Abdullah bin Amr bin Ash, juga Aisyah, Abu Ja’far al-Baqir dan Ahmad dalam satu riwayat. Mereka menilai bahwa hadis tentang ruqyat, jimat dan daya pikat syirik, adalah jimat yang didalamnya ada unsur kesyirikan. Sekelompok ulama yang lain berkata: Tidak boleh, yaitu pendapat Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas, Hudzifah, Uqbah bin Amir, begitu pula sekelompok Tabiin dari murid-murid Ibnu Mas’ud, Ahmad yang dipilih oleh banyak muridnya. Begitu pula ditegaskan oleh ulama kalangan akhir dan mereka berhujjah dengan hadis tadi” (Tuhfat al-Ahwadzi 5/349)

Imam an-Nawawi berkata :

وَامَّا الرُّقَاءُ وَالتّمَائِمُ قال فَالْمُرَادُ بِالنَّهْيِ مَا كَانَ بِغَيْر لِسَان الْعَرَبِيَّةِ بِمَا لا يُدْرَى مَا هُوَ … وعن عُتْبَةً بنِ عَامِر قال ( سمعت رسو ل الله صلى الله عليه وسلم يقول من علق تميمة فلا أتم الله له ومن علق ودعة فلا ودع الله له) ىواه البيهقى وقال هُو ايضًا رَاجِعٌ إِلى مَعنَى ما قال ابو عبيدَةَ قال ويَحْتَمِلُ ان يَكُونَ ذَلكَ ومَا أَشْبَهَ مِنَ النَّهْى وَالكَراهَةِ فِيمَن يُعَلّقهَا وهو يَرى تَمَامَ الْعَافِيةِ وَزَوَالَ الْعِلَّةِ بهَا على ما كَانَتْ عَليهِ الْجَاهِلِيةُ وَأمَّا مَنْ يعلقها مُتَبَرٍّكًا بِذِكْرِ اللهِ تَعَالى فِيهَا وهو يَعْلَمُ اَنْ لَا كَاشِفَ لهُ إِلا الله وَلَا دَافِع عنه سِواه فلا بَأْسَ بِهَا إِنْ شَاءَ اللهُ تَعالى ( المجموع ج ٩/ ص ٦٦)

“Ruqyah dan jimat, yang dilarang adalah jika terdiri dari jimat yang tidak menggunakan bahasa Arab atau yang tidak diketahui maknanya. Sedangkan yang dilarang adalah bagi orang yang menggunakan jimat dan ia meyakini bahwa yang menyembuhkan dan yang menghilangkan penyakit adalah jimat tersebut, seperti orang Jahiliyah. Sedangkan jika menggunakan jimat dengan mengharap berkah dari berdzikir kepada Allah, ia meyakini bahwa tidak ada yang membuka kesembuhan kecuali Allah dan tidak ada yang menolak penyakit selain Allah, maka tidak apa-apa menggunakan jimat. InsyaAllah” (Majmu’ 9/66)

Alhamdulillahi rabbil ‘aalammin

_______________

Sumber : Buku yang berjudul “Jawaban Amaliyah & Ibadah yang dituduh Bid’ah, sesat, kafir dan syirik”

Penulis : KH. Ma’ruf Khozin

_______________

Ubaidillah Fadhil Rohman

Mengenai dahi hitam tanda sujud baca di : https://www.mqnaswa.id/dahi-hitam-tanda-sujud/

Baca juga : http://Baca juga : https://islam.nu.or.id/post/read/127716/teladan-rasulullah-terhadap-orang-orang-kafir?_ga=2.115494735.890799119.1617146087-387666048.1616901472

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *